Adab membaca Al-Quran

Al Quran Al karim, kitab suci umat Islam

Al Quran Al karim,

Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakaruh ….

Bulan Ramadhon yang di dalamnya diturunkan Al-Quran Al karim, dimalam yang lebih baik dari seribu bulan, oleh karena itu mari kita sama-sama kita perlakukan dengan penuh adab, penuh sopan santun dan menjaga kesucian bila kita membacanya…

Sebagaimana kita ketahui bersama teman, Allah ’Azza wa jalla telah berfirman dalam surat al Hasyr, 59, 21  :

” kalau Sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. ”

Jika terhadapkan gunung saja yang terdiri dari bebatuan, keras dan kuat akan hancur seperti yang digambarkan dalam ayat diatas. Lantas bagaimana kalau terjadi dengan manusia yang bersifat lemah yang tercipta dari air dan tanah ?.

Memang kita sebagai manusia tidak menyadari akan ini, kita terlalu sibuk dengan urusan diri sendiri, juga hati kita yang lalai, mungkin juga keras sehingga kurang mengetahui akan pengetahuan kebenaran Allah SWT, ke maha mulya-Nya, keagungan-Nya.

Membaca Al Quran harus disertai adab-adab lahir dan batin, dan kita tidak akan dihitung sempurna bacaan kita, dan belum mendapat tempat disisi Allah SWT. Manakala adab dalam membaca Al-Quran kita tinggalkan.

Al Imam Al Habib Abdullah Al Haddad menguraikan tentang adab-adab ini, sebagaimana keterangannya ”

” Diantara yang terpenting yang dituntut adalah :

Pembaca harus mengiklaskan diri kepada Allah SWT,

Slalu mengharapkan Ridho-Nya

Mendekatkan diri Kepada-Nya, dan menharapkan pahala dari yang dibacanya. ”

Selanjutnya beliau menulis..

” Hendaknya seluruh hati dan jiwa dipenuhi dengan perasaan akan kebesaran Dzat Yang berbicara, yakni Allah ’Azza wa Jalla, merendahkan diri karena keagungan-Nya, seluruh hati dan anggota dengan penuh khusu, seolah-olah ia sedang berdiri di hadapan Allah SWT seraya membaca kitab suci-Nya yang menerangkan tentang perintah dan larangan-Nya.”

Semoga tidak hanya di malam dan siang di bulan yang penuh barokah ini kita dapat membaca Al Quran dengan adab-adab yang baik, tapi disetiap waktu kita dalam hidup ini, demi mendapatkan Ridho Allah SWT. Amiin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: