Mencegah pikun

Dan (rank)

Image via Wikipedia

10/10/2011 13:27 | Tips Kesehatan
Liputan6.com, Jakarta: Bermain internet, selain menambah ilmu dan wawasan, ternyata juga dapat mencegah dari kepikunan. Dan tentunya ini menjadi kabar baik bagi para blogger atau netter, terutama bagi lanjut usia yang biasanya identik dengan penyakit pikun.Dengan aktif berselancar ria di dunia maya, akan membuat otak Anda terlibat dalam kegiatan yang rumit, sehingga aktivitas jaringan yang ada pada otak Anda akan tetap berfungsi dengan baik. Hal ini bisa dianalogikan dengan membaca sebuah buku, yang bagian otaknya dapat berfungsi sebagai pengendali daya ingat dan kegiatan visual pun akan turut bekerja. Dan otak pengendali keputusan pun dapat bekerja secara maksimal.Bila Anda membaca buku, fokus otak Anda hanya terfokus pada tulisan yang tertera dalam lembar buku tersebut. Namun dengan ber-surfing ria, maka beragam pilihan informasi disajikan dan dapat dipilih dengan mudah. Semua hal dikemas secara menarik yang merangsang otak untuk memilih apa yang diinginkan. Dengan keputusan mengklik pada sesuatu yang menarik, maka otak yang bertugas membuat keputusan dan pertimbangan akan dapat terus diasah.

Dengan adanya beragam aktivitas penggerak jaringan otak, akan dapat mengurangi penciutan kegiatan sel otak dan akan membuat ingatan tetap sehat dan segar. Selain aktif di dunia maya, beberapa aktivitas lainnya pun disinyalir dapat pula membantu otak jauh dari kepikunan.

Permainan yang sifatnya mengasah otak, seperti puzzle, catur, dan musik jadi bagian permainan yang bisa Anda terapkan untuk otak Anda. Namun, yang lebih penting, bantulah kesehatan otak Anda dengan memberikan gizi yang seimbang dan berolahraga yang cukup. Dengan demikian, kesehatan otak masih tetap bugar meski usia telah lanjut.(/dari berbagai sumber)


Iklan

2 Tanggapan

  1. ehm, aku mau lupaaaa pedihku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: